Selasa, 14 Juni 2011

Transfer uang lewat internet

Transfer uang lewat internet bukanlah hal aneh sekarang ini. Saya sudah beberapa kali melakukan transfer antar rekening bank lewat internet. Caranya sebenarnya mudah karena kita tinggal masuk ke situs internet bank yang bersangkutan dan membuat transaksi dari situs tersebut. Istilah dari situs tersebut sering disebut internet banking. Dua situs yang sering digunakan adalah www.bankmandiri.co.id dan klikbca.com. Untuk dapat bertransaksi lewat internet banking sebelumnya kita bisa mendaftar lewat atm. Dari ATM itu kita membuat pendaftaran dan mendapat password sementara. Kemudian dengan password itu kita login ke situs internet banking. Setelah berhasil login kita bisa melihat saldo bank kita tapi kita belum bisa bertransaksi. Untuk bertransaksi kita membutuhkan alat yang bernama token. Untuk mendapatkan token itu kita bisa mendapatkannya dari bank yang bersangkutan. Kalau token sudah didapat kita sudah bisa bertransaksi. Mau bayar telepon, listrik, beli voucher HP, bayar internet, transfer uang dll dengan mudah kita bisa lakukan dari komputer kita tanpa perlu mengantri di ATM. Cuma hati-hati karena sangat mudahnya melakukan transaksi tahu-tahu uang di rekening kita cepat habisnya.

Selain menggunakan internet banking untuk bertransaksi lewat internet ada beberapa payment online yang bisa dipakai. Ada paypal dan E-gold yang sudah dikenal sebagai payment online. Untuk paypal saya belum memakainya karena saya tidak punya kartu kredit yang dibutuhkan untuk membuat account paypal. Saya lebih senang dengan E-gold karena sangat mudah mendaftarkannya.

E-gold merupakan  mata uang elektronik yang dikeluarkan oleh e-gold Ltd,USA sejak tahun 1996, Mata uang ini mengikuti standar nilai emas. Sudah banyak yang memiliki account E-gold ini di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Saya sendiri juga sudah beberapa tahun memiliki account E-gold. Cara mendaftar E-gold sangat mudah dan gratis alias tidak dipungut biaya. Pertama kali saya punya E-gold saya tidak memiliki jumlah E-gold sama sekali alias saldo saya di E-gold 0 atau kosong. E-gold tidak mengenakan biaya untuk account yang kosong. E-gold mengenakan biaya ketika kita bertransaksi, kalau tidak salah hanya 1 % dari nilai transaksi itu. Jadi sepertinya kalau kosong juga tidak apa-apa beda dengan bank yang mengharuskan adanya saldo minimum.

Kalau punya E-gold kita bisa mengirim atau menerima uang dengan mudah ke seluruh dunia. Memang sementara ini E-gold hanya terbatas digunakan orang-orang untuk investasi semacam HYIP atau program lainnya. Masih jarang toko online yang menggunakan E-gold. Saya tidak tahu apakah E-gold bisa menjadi trend pembayaran lewat internet. Mungkin suatu waktu teman anda akan berkata "Hari gene belum punya E-gold...." jadi enggak ada salahnya punya e-gold sekarang ini. Kalau anda mau daftar silakan kunjungi websitenya langsung atau klik link refferal saya.. E-GOLD.

Untuk mengisi rekening e-gold atau menukar E-gold ke rupiah bisa dilakukan melalui Toko e-gold (Semacam Money Changernya e-gold). Ada dua penyedia jasa jual beli E-gold yang pernah saya pakai yaitu indochanger dan sentraegold


Itu beberapa payment online yang  saya gunakan. Mudah-mudahan bermanfaat buat yang suka transaksi online. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar